Set up Jaringan Hotspot pada Access Point TL-MR3420 / TL-MR3220

Jaringan yang bersifat mobile saat ini sangat digemari karena berbagai kemudahan dan kenyamanan yang diberikan. Salah satu jenis jaringan mobile tersebut adalah fasilitas internet hotspot area ataupun wi-fi yang saat ini mudah kita jumpai di cafe-cafe atau tempat publik di perkotaan, bahkan di rumah-rumah juga sudah mulai banyak yang menggunakannya untuk berbagi akses internet.
Salah satu kemudahan yang diberikan jaringan wi-fi ini salah satunya adalah kemudahan dalam set-up jaringan yang hanya membutuhkan waktu singkat, bahkan bagi yang sudah biasa mungkin hanya membutuhkan waktu 1 menit saja untuk membangun jaringan wi-fi. Dan tutorial kali ini akan memberikan step-by-step untuk membangun jaringan hotspot dengan menggunakan access point TP-Link TL-MR3420 atau TL-MR3220. Pada dasarnya step-by-step untuk membangun jaringan hotspot pada setiap vendor access point hampir sama, yang membedakan hanyalah tampilan interface nya.  Sekedar info saja, TL-MR3420 dan 3220 ini adalah access point yang lumayan murah namun dengan fitur yang lengkap, namun ada sedikit kelemahan yang diantaranya adalah mudah panas.

Berikut adalah step-by-step untuk set-up jaringan hotspot dengan AP TL-MR3420/3220 :
Sebelum menuju ke set-up sebaiknya rencanakan dahulu topologi jaringannya untuk semakin memudahkan nantinya dalam dokumentasi dan set-up jaringan. Dan pada contoh ini saya menggunakan topologi dengan koneksi WAN (Speedy) sebagai suplai internet utama dan 3G (Telkomsel Flash) sebagai cadangan :
 
 
 
Untuk menset-up, bisa menggunakan kabel UTP RJ45 ataupun juga bisa menggunakan wireless, jika menggunakan wireles untuk set-up anda diharuskan untuk menuliskan 9 angka PIN yang ada dibalik access point.
 
 
 
Dan juga nama jaringan yang akan anda set
 
 
 
Jika menggunakan kabel step ini tidak diperlukan lagi.
Selanjutnya adalah mengetikan ip-address default dari device pada address bar di browser kesayangan anda yaitu 192.168.1.1, lalu akan muncul pop-up untuk login, isi username dan pasword dengan admin. Sekarang saatnya untuk memulai set-up jaringan dengan menggunakan menu “quick setup”.
 
 
 
Next, pilih koneksi internet yang akan anda gunakan apakah WAN, 3G atau keduanya, pada contoh ini menggunakan WAN preferred.
 
 
 
Next,
 
 
 
Kemudian pilih metode koneksi untuk WAN, Auto detect atau dynamic IP jika jaringan wan anda terdapat layanan DHCP, PPoE  jika anda tahu akun ISP anda, dan static jika anda ingin menentukan sendiri ip addreess atau tidak ada layanan DHCP. Pada contoh ini menggunakan static. Next.
 
 
 
Isikan ip address untuk access point, default gateway dan parameter lainnya pada jaringan WAN anda, pada contoh ini ip address WAN adalah 10.0.0.2, sebagai rujukan anda bisa melihat pada toplogi jaringan di atas. Next.
 
 
 
Isikan konfigurasi untu kmodem 3G. Next
 
 
 
Ini adalah konfigurasi untuk jaringan wireless mulai dari nama jaringan, mode access point (b/g/n/mix), autentikasi keamanan jaringan dengan Pasword dan pemilihan chanell untuk jaringan wireless yang bisa anda lihat di sini, untuk menghindari interferensi dengan sinyal wireless yang lain.
Next, restart untuk melakukan perubahan.
 
 
 
Set-up jaringan wireless-pun selesai dan kini anda bisa menggunakannya untuk mengakses internet. Konfigurasi diatas hanyalah konfigurasi sederhana untuk mengkoneksikan jaringan wireless dengan internet, namun belum ada manajemen jaringan wireless, untuk manajemen jaringan wireless dengan AP TL-MR3420/3220 bisa anda lihat disini.
 

Berita Terkait