Melihat Kontur Tanah Dengan Bantuan Google Earth

Suatu ketika, kita berprofesi sebagai teknisi wireless. Kemudian kita diminta membuat link dari BTS ke rumah Client.  Yang pertama kita lakukan adalah membuat sebuah garis lurus imaginer dari BTS ke rumah client tersebut. Ternyata setelah kita tarik garis lurus, pada jalur yang harus dilalui wireless memiliki ketinggian tanah yang berbeda. Tentu kita akan kesulitan jika harus mengukur ketinggian tanah disetiap tempat yang akan dilalui link wireless tadi. Padahal kita harus menentukan ketinggian antenna supaya tidak terhalang oleh ketinggian tanah tersebut.

Solusi

Kita bisa memanfaatkan program Google Earth untuk bisa melakukan perhitungan diatas kertas pada ketinggian dan bentuk kontur tanah. Program Google Earth bisa Anda download disini : http://www.google.com/earth/ . Setelah Anda download, jalankan program tersebut pada komputer yang terkoneksi ke internet.

Tampilan Awal

Gambar diatas merupakan tampilan awal ketika Google Earth dijalankan. Kemudian saatnya kita mencari lokasi BTS dan lokasi rumah client. pada bagian “Search” masukkan kota dimana link wireless akan di bentuk, misal Yogyakarta. Maka Google Earth akan melakukan pencarian kota yang dimaksud.

Search

Setelah kita menemukan lokasi BTS dan rumah Client, pada bagian atas ada benyak tombol. nah klik tombol “Perlihatkan Penggaris“. Tombol ini akan membuat cursos menjadi tanda +, klik pada lokasi BTS, akan muncul garis yang mengikuti arah cursor. Kemudian klik ke lokasi rumah client.

Penggaris

Tarik Garis

Setelah garis terbentuk dan lokasi sudah sesuai, klik tombol “Simpan“, akan muncul kotak dialog untuk memberikan nama jalur. Beri nama jalur tersebut, kemudian klik “OK” sekali lagi. Setelah garis lurus sudah disimpan garis jalur akan berwarna merah, arahkan cursor  pada garis tersebut, kemudian klik kanan. Pilih “Tampilkan Profil Ketinggian“.

Profil Ketinggian

Akan muncul gambar grafik kontur ketinggian tanah.

Kontur

Dengan mengetahui kontur tanah, kita bisa menghitung ketinggian antenna yang dibutuhkan, dan juga kita memiliki gambaran bagaimana antenna nanti akan terpasang. Informasi profil ketinggian tanah dari Google Earth ini tidak kemudian 100% benar. Akan tetapi, paling tidak kita memiliki gambaran diatas kertas persiapan teknis yang akan kita lakukan.

Selamat Mencoba..

Berita Terkait